Rabu, 12 Agustus 2009

Doa mengubah segalanya

Hanya dengan Doa
Ketika kita mengalami kesulitan, sakit, ataupun suatu keadaan yang kita tidak dapt mengubahnya, maka hal yang terbaik yang bisa dan dapat kita lakukan adalah berdoa.....
Ada suatu ungkapan mengatakan “Doa mengubah segalanya (Prayer change things)” dan memang benar ungkapan tersebut bahwa Doa mengubah segalanya......
Suatu ketika seorang pemuda melakukan suatu kejadian dalam pekerjaannya dan itu menjadi sebuah kesalahan...sehingga ia terpaksa harus mengalah untuk berhenti bekerja karena ia tahu bahwa ia tidak dapat mengubahnya kembali. Maka ia berdoa kepada Tuhan agar ia di ampuni dari kesalahannya tersebut.....melewati malam ia selalu teringat dengan kesalahannya dan satu-satunya tindakan yang bisa ia lakukan ialah berdoa dan berdoa karena ia tahu bahwa jika ia berdoa dan meminta pengampunan maka ia mempunyai harapan jika ia akan diampuni dari kesalahannya.
Ketika teman2nya mulai membicarakan dirinya tentang kesalahannya maka ia hanya bisa berdoa dan berdoa..... sehingga ia pun hanya bisa berserah diri dengan berdoa kepada Tuhan. Ketika satu persatu teman2nya mulai meninggalkannya dan iapun mulai bertanya dalam dirinya, mengapa ia harus mengalami ini? Mengapa sepertinya ia dibiarkan saja ketika kesalahan tersebut terjadi pada dirinya, apakah Tuhan hanya diam saja dan kenapa harus terjadi?
Keraguan mulai muncul dari dirinya..... dan dalam keraguannya ia sadar bahwa kesalahannya tersebut telah mengetuk pintu hatinya tentang bagaimana komunikasi dirinya dengan Tuhan..... apakah selama ini ia mengesampingkan Tuhan atau ia telah lupa bahwa Tuhanlah yang memberikan berkat-berkatNya selama ini, sehingga ia tenggelam dalam pekerjaan dan telah menjadi pribadi yang lain dalam pekerjaannya...... ia lupa tentang waktu berdoa.... membaca Firman... beribadah....
Dalam kesendiriannya ia tersadar akan semuanya itu.... dan iapun mulai membangun komunikasi dengan Tuhan... ia mulai berdoa... membaca Firman... dan dalam menghadiri ibadah iapun tersadar, bahwa selama ini setiap berkat...uang, pekerjaan, kesehatan semuanya itu ia dapatkan dari Tuhan dengan doa dan keyakinan...
Sang pemuda tidak lagi bertanya dalam hatinya tentang apa dan mengapa harus terjadi segala yang ia alami, tetapi ia mulai berdoa dan berdoa... karena kesalahan tersebut telah menyadarkan dia bahwa dengan doa dan keyakinanlah ia dapat hidup.... hanya dengan doa dan beriman kepada Tuhan Yesus, maka semua berkat itu akan diberikan dan berlimpah, sama seperti Ayub* yang melakukan kesalahan tetapi ia menyadari dirinya telah melakukan kesalahan dan Ayub berdoa mohon pengampunan, maka Tuhan pun mengampuni dirinya dan memberkati Ayub dan bahkan Ayub pun menerima berkatnya berlipat-lipat dari apa yang pernah ia punya.
Dalam doa ada kekuatan, dalam doa ada pengumpunan, dengan doa ada kesembuhan, dengan doa mujizat terjadi..... Doa bukan hanya mengubah diri kita, tetapi dapat mengubah apa yang ada disekitar kita.
Maka jangan kita tinggalkan diri kita terbenam dengan apa yang kita miliki, pekerjaan, usaha, pergaulan, kekayaan.. tetapi bangunlah selalu komunikasi dengan Tuhan Yesus.... mulailah berdoa.... sediakanlah waktu, baca FirmanNYA, jangan kita lupa untuk menghadiri persekutuan dengan Tuhan, karena kita tidak pernah tahu kapan Tuhan berbicara kepada kita, melalui doa, FirmanNYA atau melalui persekutuan-persekutuan dalam Ibadah denganNYA, Ia menunjukkan kepada kita apa yang baik dan tidak baik, apa yang harus kita lakukan bagi kemuliaan namaNYA, hanya kita yang dapat merasakan hal tersebut.
Seperti ada lagu yang mengatakan :
“disaatku tak berdaya, kuasaMU yang sempurna.... ketika ku berdoa mujizat itu nyata...”
Doa mu mengubah dirimu, mengembalikan berkatmu.... dan mendekatkan dirimu kepada Tuhan Yesus.
Maka jadilah peka untuk mendengar ketika Ia berbicara dan melihat ketika Ia memperlihatkan kepada kita kebaikan-kebaikaNYA.
Nb: * = baca Ayub 42 dan 43.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar